Tips Menjaga Kesehatan Pada Awal Kehamilan

shares |

Tips Menjaga Kesehatan Pada Awal Kehamilan - Hamil merupakan Kejadian yang selalu ditunggu - tunggu oleh calon ibu, karena kehamilan tidak dapat tergantikan dengan materi. Pada masa kehamilan seringkali terjadi berbagai macam persoalan dalam kesehatan dan masalah kejiwaan pada ibu hamil misalnya seperti stress dan emosi. Meskipun itu semua terjadi, masa - masa kehamilan adalah momen paling ditunggu - tunggu oleh semua calon ibu.

Terkadang ada seorang ibu yang harus menunggu beberapa lama untuk hamil dan dikaruniai seorang anak, tetapi ada pula yang cepat diberi momongan. Tidak lama setelah seorang wanita menikah maka semua akan menjadi sebuah kenangan indah, meskipun ada beberapa yang terlewati. Tetapi kehamilan tetaplah ditunggu - tunggu dan menjadi sesuatu yang sangat indah sebab akan bertambahnya keluarga tersebut. Untuk menjalani proses kehamilan, diharuskan memiliki beberapa pengetahuan sebagai bekal bagi seorang wanita.
Tips Menjaga Kesehatan Pada Awal Kehamilan
Kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan dan tips kesehatan untuk ibu hamil. Ada banyak sekali hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan dan janin, juga ada berbagai macam persiapan yang harus disiapkan untuk menjalan persalinan yang lancar.Berikut ini ada beberapa tips menjaga kesehatan ibu hamil yang bisa diterapkan menjelang kelahiran bayi yang telah dinantikan.
  • Calon ibu harus mengetahui beberapa gejala kesehatan yang dapat terjadi pada trimester awal kehamilan dan hendaknya berusaha mencari tahu solusi terbaik tanpa harus panik. Pada saat awal kehamilan ini merupakan saat - saat rawan terjadinya keguguran sehingga resiko untuk terjadinya stress sangat tinggi, jadi seorang wanita yang sedang hamil harus menyadari semua itu.
  • Yang harus dijaga pada awal kehamilan yaitu supan makanan yang cukup untuk menjaga janin dan menghindari cacat pada saat lahir. Sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi asam folat 400 mg setiap hari selama 12 minggu ini sangat penting untuk menjaga kesehatan si bayi.
  • Untuk wanita yang gemar merokok dan mengkonsumsi minuman keras hendaknya berhentilah pada saat masa kehamilan karena rokok dan alkohol menimbulkan dampak buruk pada si bayi, jadi kedua hal itu harus dijauhkan dari bayi.
  • Wanita hamil akan sering mengalami mual, hal tersebut janganlah dijadikan alasan supaya tidak mengkonsumsi makanan sama sekali. Kelhan mual dapat semakin parah akibat perut kita kosong dan dapat membuat kesehatan ibu hamil menurun sehingga dampaknya sangat berbahaya bagi janin. sebaiknya ibu hamil selalu mengkonsumsi pisang untuk menjaga perutnya tetap terisi makanan, selain itu makan yang beraroma segar sangat baik untuk di konsumsi seperti teh, jus jeruk, salad, dll.
  • Kekuatan psikologi juga sangat dibutuhkan untuk wanita hamil karena dapat membantu untuk mengalahkan segala kesulitan yang tidak mudah dihadapi pada awal kehamilan. Apalagi bagi wanita yang baru pertama kali hamil dalam hidupnya.
  • Hendaknya ibu hamil dapat menjaga dan mengatur pola tidurnya karena hal ini sangat penting untuk menjaga stamina ibu dan menyimpan energi supaya siap dalam menjalani masa kehamilan. Karena jika tubuh kita kuat dan sehat akan dapat mengatasi sumua masalah dengan baik.
  • Asupan makanan harus selalu dijaga dengan baik, sebaiknya hidari makanan yang mengandung banyak fitamin A dan perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengan dung zat besi untuk mencegah terjadinya anemia. Hindari juga sinar UV yang dapat menimbulkan masalah pada kulit ibu hamil.
  • Jika sudah memasuki trimester dua, hendaknya perbanyaklah olahraga bagi ibu hamil untuk mempersiapkan proses melahirkan. selain itu badan lemas dan perut kembung yang kerap terjadi pada ibu hamil dapat teratasi dengan cara berolah raga. Kestabilan emosi sangatlah penting untuk dijaga, hendaknya ibu hamil melakukan aktifitas seperti pergi berlibur untuk melepas stress dan emosi yang berlebihan.
  • Pada trimester terakhir, ketenamgan dan rileks sangatlah dibutuhkan untuk mempersiapkan diri menjelang persalinan. Semua yang penting untuk mempersiapkan proses persalinan haruslah dilaksanakan dengan disiplin seperti senam hamil, dll.
Mungkin sedikit pengetahuan yang ditulis diatas dapat membantu semua ibu hamil untuk menjaga kesehatan pada awal kehamilan. Selanjutnya untuk mengetahui bagaimana pola tidur yang baik untuk ibu hamil silahkan lihat disini posisi tidur yang baik dan aman bagi ibu hamil.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar